Loading ...

logo
  • Contact(0251) 8409107
    info@27pilar.com
  • Head OfficeGraha 27 Pilar,
    Jl. Sindang Barang No. 16A, Bogor
blog

Mempercantik Tampilan Fasad Rumah Dengan Optimalisasi Design

 Seringkali kita melihat bentuk fasad rumah yang terkesan monoton dari sisi design dan tekstural. Hal ini tentu saja membangkitkan rasa untuk merubah tampilan fasad bagi pemilik rumah agar terlihat lebih indah. Tampak depan rumah dikesankan semakin cantik dan menunjukkan cita rasa arsitektur yang kental. Ada beberapa pemikiran yang mengkaji kembali mengenai bentuk fasad rumah yang dinamis dimana secara konseptual mencerminkan kepribadian bagi pemilik rumah karena jika kita berbicara mengenai design maka hal ini tentu saja akan terkait dengan taste dari si pemilik rumah. 

 

Pada saat ini, banyak beberapa alternatif desain arsitektur yang berbeda-beda, sehingga kita bisa menentukan konsep yang diinginkan seperti apa. Tentu saja dalam mempercantik tampilan fasad rumah diperlukan optimalisasi design terkait dengan perencanaan anggaran biaya yang diperlukan tanpa mengurangi dari kualitas yang diinginkan. Desain fasad rumah adalah desain eksterior depan rumah yang dibuat untuk mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan.

 

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempercantik tampilan fasad rumah antara lain adalah permainan komponen fasad rumah, material dan finishing, ornamen dan faktor pendukung lainnya. Kombinasi warna, bentuk dan model yang menarik akan memberikan kesan eye catching yang tentu saja akan membuat penampilan fasad eksterior rumah, terutama bagian depan menjadi lebih elegan dan indah dipandang mata oleh siapa saja yang melihatnya. Fasad rumah merupakan salah satu point yang akan mewakili karakter yang kuat dan merupakan representasi dari pemilik rumah itu sendiri.

 

Pilihan warna yang harmonis adalah kunci untuk keindahan fasad, umumnya dengan menciptakan dinding aksen pada satu bidang. Desain fasad biasanya mengikuti gaya atau model rumah dengan warna yang sesuai dengan selera pemilik rumah. Namun rumah fasad akan terlihat lebih enak dipandang ketika menggunakan kombinasi warna.

 

Gambar tampak depan rumah atau sering disebut fasad rumah ini umumnya mengikuti tren model terbaru dari rumah sehingga desain untuk fasad, seperti misalnya desain rumah minimalis, tropis, kontemporer, modern, klasik, dsb. Sebagai contoh, warna fasad untuk rumah minimalis tidak harus sama dengan fasad rumah tropis atau rumah klasik. Jadi sebelum menentukan desain fasad rumah, kita harus menyesuaikan dengan desain rumah tersebut secara keseluruhan agar bisa memenuhi apa yang kita inginkan dan secara bentuk ada keselarasan dengan existing desain rumah tersebut.

 

 

Pilihan warna yang disesuaikan dengan model rumah ini tidak hanya berlaku untuk desain interior rumah, namun warna fasad juga perlu diselaraskan dengan jenis rumah. Dengan begitu akan ada keseimbangan antara warna rumah dan bagian dari fasad.

Oleh

 

Lestari Purwa Ningrat, ST

Share This Article: